Selasa, 3 Ogos 2010

VISIT THE MADAM TUSAUDS MUSEUM

Madam Tussauds Museum di Jalan Baker Street. Amat mudah menggunakan Stesen tube Baker Street untuk sampai ke sini

Madame Tussauds adalah sebuah museum lilin terkenal di London, UK dengan cawangan di beberapa kota besar di dunia. Museum ini pertama kali didirikan oleh pembuat patung lilin Marie Tussaud.


Orang ramai berpusu-pusu ke museum dan terdapat tugu Sherlock Holmes penyiasat terkenal Britain



Walau hari bekerja pemandangan seperti ini biasa di sini. Pengunjung perlu beratur panjang untuk masuk

 

Sejarah


Marie Tussaud (lahir 1761, meninggal 1850), lahir sebagai Marie Grosholtz di Strasbourg, Perancis. Ibunya bekerja sebagai pembantu rumah untuk Dr. Phillippe Curtius, seorang doktor yang mahir dalam pembuatan patung lilin. Curtius mendidik Tussaud dalam seni pembuatan patung lilin. Di tahun 1765, Curtius membuat patung lilin Marie-Jeanne du Barry, wanita yang rapat dengan Raja Louis XV dari Perancis. Cetakan dari patung tersebut adalah benda tertua yang masih ada dari sejarah museum patung lilin ini.


Jika melalui web, tiket masuk  akan lebih murah dari dibeli di kaunter. Tiket untuk melawat museum dan menonton filem 4 D

Sudah masuk pun masih kena beratur lagi.Apa yang istimewa ini?...

Pameran pertama dari karya lilin Curtius diadakan tahun 1770 dan menarik perhatian ramai orang. Pameran tersebut pindah ke Royal Palace di Paris pada tahun 1776. Curtius membuka tempat kedua untuk karya-karyanya ini di Boulevard du Temple pada tahun 1782 dengan nama "Caverne des Frands Voleurs", asal muasal dari bagian museum yang dikenal saat ini sebagai Chamber of Horrors (arti harafiah Kamar Horor).


Hasil seni manusia sehingga lilin boleh menjadi seperti orang sebenar

Cuba bezakan antara patung lilin dan orang sebenar?


Tussaud membuat patung lilin pertamanya, yaitu patung Francois Marie Arouet de Voltaire, atau yang lebih dikenal hanya dengan Voltaire, di tahun 1777. Tokoh-tokoh terkenal lainnya yang dipatungkannya antara lain Jean Jacques Rousseau dan Benjamin Franklin. Selama Revolusi Perancis ia membuat penutup wajah jenasah bagi para tokoh yang menjadi korban. Ia rela untuk mencari kepala-kepala para korban yang terputus ini di tengah-tengah timbunan jenasah agar bisa menyelesaikan penutup wajah jenasah ini dengan sempurna.
Tidak ketinggalan bintang Bollywood ada di sini

Berbagai bentuk yang menarik


Ketika Curtius meninggal di tahun 1794, ia meninggalkan koleksi patung-patung lilinnya pada Tussaud. Pada tahun 1802, Marie Tussaud pindah ke London. Sebagai konsekwensi Perang Inggris-Perancis, ia tidak bisa kembali ke Perancis sehingga untuk hidup ia harusmengelilingi Uk dan Ireland bagi memamerkan karya-karyanya. Karya-karyanya itu pernah dipamerkan di Lyceum Theatre. Ia akhirnya memiliki tempat pameran tetap buat karya-karyanya di Baker Street, London, di tahun 1835 (di tempat yang disebut "Baker Street Bazaar").
Bersama dengan bintang sukan lagenda dan baru


Salah satu atraksi utama museum Tussaud adalah "The Chamber of Horrors". Bagian eksibisi ini menampilkan sebahagian korban Revolusi Perancis dan juga patung-patung para pembunuh dan penjahat lainnya. Nama ruangan ini diberikan oleh seseorang dalam majalah Punch di tahun 1845.


Ratu Elizebeth turut diambil ukuran muka dan badan yang sebenar untuk di lilinkan


Tokoh-tokoh terkenal lain kemudian mulai ditambahkan dalam ruang pameran, termasuk Horatio Nelson dan Sir Walter Scott. Beberapa patung lilin yang dibuat oleh Tussaud sendiri masih ada hingga hari ini. Di tahun 1842, ia membuat patung lilin dirinya sendiri yang sekarang dipajang di pintu masuk utama museumnya.

Pemimpin dunia menjadi pilihan untuk pengunjung bergambar bersama



Barack Obama menjadi pilihan utama hingga terpaksa beratur


Museum Madame Tussaud telah berpindah ke alamatnya kini di Marylebone Road pada tahun 1884. Di tahun 1925 kebakaran menghancurkan banyak dari patung-patung yang ada, tapi cetakan-cetakan mereka berhasil diselamatkan sehingga patung-patung lilin bersejarah tersebut bisa dibuat lagi.


The Chamber of Horror yang menakutkan. Anda akan di usik oleh "hantu" hidup. Jangan takut dia tidak akan mengapakan anda

NO CAMERA!. Tidak dibenarkan mengambil gambar


Museum lilin Madame Tussaud kini telah berkembang menjadi sebuah tujuan lawatan di London, berhampiran dengan London Planetarium di sisi baratnya. Museum ini telah memiliki cabang di Amsterdam, Las Vegas, New York City, Hongkong, Shanghai, Hollywood-Los Angeles dan Washington D.C. Kini, patung-patung lilin Madame Tussauds terdiri atas tokoh-tokoh sejarah, keluarga kerajaan, bintang filem, atlet sukan dan tokoh-tokoh kriminal penjenayah yang menggemparkan. Museum Madame Tussauds saat ini dimiliki oleh sebuah perusahaan perlancongan bernama Merlin Entertainments setelah menubuhkan Tussauds Group pada bulan Mei 2007.



Filem 4 D pastinya yang paling menarik sewaktu mengunjungi ke museum ini. Pengalaman hebat.



-menyusuri London dengan teksi cosster dari awal 1700an-1900an


-menonton filem 4 D

Tiada ulasan:

Catat Ulasan